Sejarah Singkat

Sekolah Teknologi Menengah ( STM ) Negeri  Padang mulai berdiri tahun 1952 yang berlokasi di Jl Baru Andalas No. 5 Simpang Haru Padang. Hal ini sesuai dengan SK Mendikbud RI No.0303/0/1975 tanggal 27 Desember 1975.

Akibat perkembangan pendidikan teknologi dan jumlah peminat , serta adanya bantuan dari pemerintah mendirikan BLPT dengan persyaratan harus ada minimal 3000 orang siswa atau 3 sekolah yang berpraktek , maka sekolah tersebut dipecah menjadi dua , yaitu Sekolah Teknologi Menengah ( STM ) Negeri 1 Padang dan Sekolah Teknologi Menengah ( STM )  Negeri 2 Padang. Maka Pada tahun 1980 STM Negeri 1 & 2 sudah mulai berpraktek di BLPT Padang dan alat praktek berada di BLPT dengan guru yang mengajar dari sekolah induk ( STM 1 & 2 )

Pada tahun 1976 Sekolah Teknologi Menengah ( STM ) Negeri 2 Padang dipindahkan ke Jl. Andalas disebabkan lokasi kegiatan PBM di Simpang Haru tidak memenuhi standar karena besarnya animo masyarakat Sumatera Bagian Tengah , Khususnya Sumatera Barat. Untuk memilih pendidikan di STM Negeri 2 Padang. Dan sebahagian masih tetap belajar dilokasi Simpang Haru Padang .

Pada tahun 1985 semua aktifitas pembelajaran STM N 2 Padang dipindahkan dari Andalas ke Jl. Beringin No. 4 Lolong Padang. dengan luas areal tanah lebih kurang 11.672 m2, karena pemerataan wilayah pendidikan teknologi di Kota Padang.

Berdasarkan peraturan pemerintah tentang pendidikan , maka sekolah teknologi Menengah berobah nama menjadi Sekolah Menengah Kejuruan pada tahun 2002, Oleh sebab itu STM Negeri 2 berubah nama menjadi SMK Negeri 5 Padang

.